Dengki itu membakar kebaikan sebagaimana api membakar kayu,Sedangkan sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api (HR.Ibnu Majah)

Minggu, 16 Agustus 2009

Ma'rifatullah 3

(16:11)

Dia bersama kamu untuk air hujan yang tanam-tanaman, zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang benar-benar ada tanda (Allah) bagi orang-orang yang memikirkan.

(27:52)

Sehingga rumah dalam keadaan runtuh disebabkan mereka mereka penindasan. Sesungguhnya pada yang (terdapat) pelajaran bagi orang-orang yang tahu.

Allah mencela orang-orang yang tidak mengerti dan praktek akan memasukkan mereka ke dalam neraka jahanam nanti (7:179).

(7:179)

Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda Tuhan), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka adalah sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka adalah orang-orang yang lalai.

Ayat-ayat Allah yang dapat kita lihat ada dua jenis:

1. Ayat-ayat Allah di alam ini (Ayat Kauniyah).
2. Ayat-ayat Allah dalam Al Qur'an (Ayat Qur'aniyah).

Ayat Kauniyah

Memang, banyak fakta yang di Mayapada ini, yang menunjukkan kebesaran Allah (2:164, 51:20,21, 3:: 190191).

(2:164)

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, kapal yang berlayar di laut yang berguna untuk orang-orang, dan bahwa Allah turunkan dari langit seperti air, maka dengan air di bumi setelah Dia mati (kering) dan Dia di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang ada di antara langit dan bumi, sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan.

(51:20)

Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (Allah) bagi orang-orang yang beriman.

(51:21)

dan (juga) pada dirimu sendiri. Mengapa kamu tidak ingat?

(3:190)

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,