Dengki itu membakar kebaikan sebagaimana api membakar kayu,Sedangkan sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api (HR.Ibnu Majah)

Jumat, 14 Agustus 2009

Iman Kepada Hari Akhir

Pengertian hari akhir

Hari akhir adalah hari kiamat yang diawali dengan pemusnahan alam semesta ini, dimana semua manusia dari masa Nabiyullah Adam as. sampai terjadinya hari akhir akan dibangkitkan untuk mendapatkan balasan atas semua amalnya.

Urgensi iman kepada hari akhir

Iman kepada hari akhir adalah masalah yang esensi dalam kehidupan ini untuk menuju kehidupan yang lebih baik dan lebih sempurna. Dengan iman kepada hari akhir secara benar, niscaya kita akan terhindar dari 3 hal berikut :

1. Hidup di dunia seperti hewan yang tidak mengerti hikmah kejadiannya (tentang dari mana asal-usulnya, peran serta tugas yang harus diembannya, dan akan kemana setelah kematiannya)
2. Tiadanya perhatian dan kepedulian kecuali kepada kehidupan dunia semata-mata (hedonis), berusaha dengan segala kemampuan untuk meraih kedudukan di sisi manusia dan melupakan akan pedihnya azab Alloh SWT.
3. Tidak sempurna Islam dan Iman seseorang tanpa meyakini kebenaran hari akhir.

Bukti-bukti akan adanya hari akhir

Sekalipun peristiwa ini sangat mengherankan orang-orang kafir, bahkan mereka mengingkari adanya kebangkitan dan segala peristiwa-peristiwa yang harus dijalani manusia. Asumsi mereka sangat keliru, karena bukti-bukti hari akhir dapat dibuktikan secara syar’iyyah, ‘aqliyyah dan indrawi.

* Bukti syara’ (64:7)

64:7. orang-orang yang kafir mengatakan bahwa mereka sekali-kali tidak akan dibangkitkan. Katakanlah: "Memang, demi Tuhanku, benar-benar kamu akan dibangkitkan, kemudian akan diberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

* Bukti indrawi.telah diperlihatkan peristiwa-peristiwa yang menakjubkan di dunia ini :
o Peristiwa pembunuhan yang dipermasalahkan Bani Israil, dihidupkan kembali oleh Alloh SWT hanya dengan perantaraan daging sapi yang dipukulkan ke tubuh orang yang terbunuh.

Lanjutkan Materi