Dengki itu membakar kebaikan sebagaimana api membakar kayu,Sedangkan sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api (HR.Ibnu Majah)

Jumat, 14 Agustus 2009

Iman Kepada Hari Akhir3

Tafsir Ibnu Katsir :

Sebagian anggota yang disebutkan dalam ayat ini adalah bagian dari anggota tubuh sapi betina yang telah disembelih itu. Mukjizat dapat terjadi melaluinya dan akan timbul kejadian aneh, bertentangan dengan hukum alam.

Pada hakikatnya bagian dari anggota tersebut memang ditentukan. Seandainya penentuan ini mengandung faedah bagi kita dalam urusan agama dan dunia, niscaya Alloh Swt menjelaskannya kepada kita bagian anggota yang mana. Akan tetapi, sengaja Alloh menyamarkannya dan tidak ada suatu penjelasan pun yang datang dari Nabi Saw melalui riwayat yang sahih sanadnya, maka kami (penafsir) tetap menyamarkannya sebagaimana yang dilakukan Alloh Swt.

Dari Ibnu ‘Abbas, yang mengatakan, ”Sesungguhnya orang-orang Bani Israil yang diperintahkan menyembelih sapi betina itu, mereka mencarinya selama 40 tahun. Selanjutnya mereka memukul si terbunuh dengan salah satu anggota badan sapi betina yang telah disembelih itu, maka si tebunuh hidup kembali. Lalu mereka bertanya, “Siapakah yang membunuhmu?” ia menjawab, “Fulan telah membunuhku”

Alloh Swt mengingatkan mereka akan kekuasaanNya dan kemampuanNya dalam menghidupkan orang-orang yang telah mati melalui apa yang mereka saksikan dengan mata kepala mereka sendiri dalam kasus pembunuhan tersebut. Alloh Swt menjadikan kekuasaan tersebut sebagai hujjah buat mereka yang menunjukkan adanya hari berbangkit.

Aku bertanya, “WahaiRasullullah, bagaimanakah Alloh menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati?”Nabi Saw, bersabda, “Pernahkah kamu melalui tanah yang tandus, setelah itu kamu lalui lagi dalam keadaa telah menghijau?” Abu Razin menjawab, “Memang pernah,” Nabi Saw bersabda, “Demikianlah halnya bangkit dari kubur,” atau Nabi Saw bersabda, “Demikianlah Alloh menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati.”

· Peristiwa Nabi Ibrahin as dan burung yang di cincangnya kemudian diletakkan di tiap-tiap bagian diatas bukit lalu Alloh berfirman :”Panggillah! Niscayamereka datang kepadamu dengan segera” (2:260)

download